Great! All is WELL

by - 8:27:00 PM

Bulan Juli sudah berlalu. awalnya rasa takut menghadang saya sebelum bulan Juli tiba. ya.. karena PKD. apa itu PKD? 
PKD (Praktik Kebidanan Dasar) adalah mata kuliah yang memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk melaksanakan praktik kebidanan dasar sehingga memiliki kompetensi dasar dalam melakukan asuhan kebidanan. tempat saya praktik ini adalah Rumah Sakit Angkatan Udara Dr. M. Salamun Bandung. sampai akhirnya 1 juli 2013 tiba. saya dan semua mahasiswi memulai praktik tersebut. banyak pelajaran yang didapat, pengalaman, teman baru dan hal baru yang dilihat. 

minggu pertama, kelompok saya yang berjumlah 6 orang dinas di ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat). dari namanya aja sudah gawat darurat, berarti tindakannya pun harus cepat kan? itulah yang membuat saya deg-degan. dan yang namanya hari pertama itu... wah sekali kawan! tidak tau harus berbuat apa. mematung dan kaku. haha tetapi, alhamdulillah minggu itu terlewati dengan berbagai kejadian dan hal baru yang banyak saya lihat. tak lupa, semua prinsip pencegahan infeksi harus selalu diperhatikan dalam semua tindakan. minggu pertama di IGD pun menjadi minggu pertama untuk saya menjalankan dinas malam. saya sangat antusias ketika mendapat jadwal dinas malam. karena saya ingin merasakan bagaimana menolong pasien di waktu malam dan dini hari. dinas malam itu, kita harus standby apabila ada pasien tiba-tiba datang pada malam dan dini hari ketika kita seharusnya tidur.


minggu kedua, dinas di ruang gelatik. ruang gelatik atau ruang bedah adalah ruang perawatan dengan pasien yang mempunyai diagnosa bedah. pertama kalinya dinas di ruang perawatan. kesan pertama saya dinas di ruang perawatan adalah "beda ya sama di IGD?". berapa banyak tindakan yang bisa saya lakukan disini? berbagai taktik saya pikirkan. dan yang penting itu saya harus berani dan deketin perawatnya, ngikut-ngikut perawat supaya dapet tindakan, minimal melihat tindakan yang dilakukan oleh perawat. akhirnya sampai kembali pada dinas malam di ruang gelatik. jadwal diruang perawatan tentu berbeda dengan di ruang IGD. pukul sembilan, waktunya memberikan obat kepada pasien, pukul 04.00 WIB waktunya observasi, yaitu pemeriksaan tanda-tanda vital (suhu, nadi, respirasi, dan tekanan darah) disertai keadaan umum dan keluhan umum pasien. pukul 06.00 WIB waktunya memandikan pasien. meskiun begitu, kita harus tetap standby untuk pasien. diruang ini pun banyak hal baru yang saya alami. alhamdulillah.

minggu ketiga dinas diruang parkit (ruang penyakit dalam laki-laki), diruang ini saya ujian. waaah tidak terbayangkan ujian akan seperti apa, tetapi all is well, semua akan baik-baik saja dan Allah pasti akan menolong jika ummatNya memohon pertolongan padaNya. saya kebagian ujian mengambil darah melalui vena, memberikan obat, dan memandikan pasien. alhamdulillah ujian lancar meskipun deg-degan, ya, itu hal yang wajar kan? haha.

minggu keempat dinas di ruang merak (ruang penyakit dalam perempuan). tidak jauh berbeda dengan ruang gelatik untuk tindakannya. semua tindakan harus dilakukan secara hati-hati dan teliti.
meskipun badan sempat kurang fit, akhirnya empat minggu bisa saya lalui. teman baru yang alhamdulillah baik semua juga menjadi pendukung saya dalam melakukan praktik di rumah sakit. alhamdulillah alhamdulillah. all is well, all is well dan all is well juga untuk ujian kembali di bulan agustus mendatang. ujian kali ini lebih banyak aspek yang dilakukan dan dinilai. jadi.. doakan saya ya kawan! ^^

thanks, salam. ^,~

Bersama teman-teman stikes unjani

bersama Febbi, Dwi, Kristin, dan Rega

You May Also Like

0 komentar