saturday inspiration~

by - 9:09:00 AM

tanpa sadar kita sering sekali mengeluh. termasuk diri saya sendiri. 
dari mulai sekolah SD, SMP, SMA, dan sekarang kuliah banyak sekali perkataan yang tidak sadar adalah sebuah keluhan. sewaktu SMA kita mungkin tidak sadar banyak sekali teman kita yang tidak mendapatkan kesempatan untuk sekolah setinggi SMA. termasuk banyak sekali teman saya sendiri yang tidak sekolah. ketika harus pulang terlambat, kita mengadu dan kesal. ketika harus pergi ke tempat les. kita malas dan ingin cepat pulang, lalu bersantai dan tidur. 
ketika sekarang kita diberikan kesempatan untuk menimba ilmu lebih tinggi lagi semisal kuliah, ternyata banyak juga keluhan yang tanpa sadar kita lontarkan atau bahkan hanya kita bisikkan didalam hati. ketika tugas banyak, kita mengeluh dan menjadi malas. ketika ada jadwal yang tidak pasti bahkan di undur atau dimajukan, kita kesal dan bertanya-tanya mengapa harus seperti ini. ketika dihadapkan dengan ujian tengah atau ujian akhir, kita mengeluh dengan materi yang seabreg-abreg.
kita tidak sadar itu semua bentuk dari sebuah keluhan. bagaimana dengan orang lain yang merindukan pendidikan tinggi, tetapi mereka tidak mampu untuk mendapatkannya? mungkin mereka hanya bisa menatap kita yang sedang belajar bahkan ketika kita sedang berjalan dengan seragam kuliahnya. mungkin seorang satpam kampus kita pun berharap dia bisa mendapatkan ilmu seperti kita, namun mereka hanya bisa mengucapkan selamat pagi dan sore ketika kita berjalan memasuki kampus untuk belajar. 


mengeluh itu ternyata tidak menghasilkan apa-apa. yang terjadi tetap terjadi. bahkan mau sampai menangispun ujian tetap ada dan kita harus menghadapinya. 
lalu, bagaimana dengan waktu untuk istirahat dan berkumpul untuk bermain bersama? mungkin sebagian besar keluhan yang kita lontarkan disebabkan oleh hal itu. istirahat dan bermain itu tetap diperlukan oleh semua manusia dimuka bumi ini. tinggal atur jadwal dan tentukan prioritas utama kita terlebih dahulu.
kita sudah beranjak dan bahkan mungkin sudah dewasa untuk bisa mengambil tindakan dengan bijak. mungkin godaan dan prinsip kita yang masih mudah goyah. tujuan kita ada disini, belajar untuk menjadi diri yang bermanfaat, belajar untuk melihat lingkungan, dan belajar untuk memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya dan masih banyak lagi. yang paling penting adalah meraih ridhoNya.  


stay calm saja untuk semua yang mungkin membuat kita gusar dan kesal. ikuti aturannya dan lakukan apa yang sudah kamu rencanakan dengan baik.

dapatkan ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya selagi muda, selagi belum dihadapkan dengan waktu yang terbatas, selagi belum berumah tangga, dan selagi tubuh ini masih kuat dan sehat.

wallahu a'lam
---

You May Also Like

0 komentar