Dauroh Qolbiyah

by - 1:15:00 PM

halo, teman-teman! 
kali ini saya akan berbagi pengalaman beberapa bulan kebelakang. Bagi teman-teman yang ingin mengisi waktu luangnya dengan belajar atau dengan sesuatu yang positif, saya akan menceritakan pengalaman saya sewaktu saya mengikuti program Dauroh Qolbiyah angkatan 60 di Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. Mungkin teman-teman bisa mengikuti kegiatan ini.
Mengikuti program ini adalah impian saya sejak saya kuliah.

Mengapa saya mengikuti program ini? 
saat saya kuliah semester 1, saya mulai mendengarkan radio MQ FM Bandung. saya merasa banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari radio ini, terutama ilmu tentang agama dalam aplikasinya dikehidupan sehari-hari yang sering diberikan oleh AaGym dan Ustadz lainnya. semakin lama saya mendengarkan dan mendapatkan ilmu melalui radio, saya merasa ternyata masih banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang belum saya ketahui tentang agama Islam. melalui radio ini saya mendapatkan informasi tentang program dauroh qolbiyah. dari situlah setelah lulus kuliah, saya berencana untuk mengikuti program tersebut. alhamdulillah akhirnya diberi kesempatan untuk bisa mengikutinya. 

Apa itu Dauroh Qolbiyah?
Dauroh Qolbiyah adalah salah satu program yang ada di Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. program ini merupakan program yang bertujuan untuk menghantarakan agar kita memiliki hati yang bersih dan mengetahui tentang penyakit hati dan cara menyembuhkannya. intinya program ini untuk menata hati kita. Dilaksanakan selama 30 hari dan santri tinggal di asrama. Kita belajar mengenai manajemen qolbu, Al-Quran, Fiqih, Tauhid, pembiasaan ibadah sunnah, shalat sunnah, shaum sunnah, tahajud, dan mengikuti kajian-kajian rutin yang ada di Masjid Daarut Tauhiid.

Masa Orientasi 
sebelum dilaksanakan pembelajaran, kami diharuskan mengikuti orientasi santri. bertujuan untuk memupuk pribadi santri menjadi pribadi yang berkarakter baik dan kuat, disiplin, belajar untuk selalu mengambil hikmah dari apapun yang terjadi. untuk saya pribadi, kegiatan orientasi selama 3 hari ini membuat saya sadar banyak hal, betapa Allah itu sangat menyayangi kita. 

Rangkaian Pembelajaran
Pembelajaran dimulai setelah orientasi santri. Dilakukan di dalam kelas. setiap harinya kegiatan santri diatur sebaik mungkin. kegiatan dilakukan mulai pukul 03.00 WIB, melaksanakan tahajud, tilawah, sholat berjamaah, kajian manajemen qolbu pagi di masjid, makan bersama, sholat dhuha, lalu pembelajaran di kelas yang diberika oleh ustadz, hafalan surat-surat dalam Al-Quran, dan sharing dengan mudarisah untuk akhwat dan dengan mudaris untuk ikhwan, sampai tidur kembali pukul 22.00 WIB. Setiap akhir pekan, kami melakukan olahraga seperti memanah, berkuda, dan rapelling. santri juga dibiasakan untuk selalu melakukan amalan sederhana, salah satunya yaitu BEBAS KOMIBA (berantakan rapihkan, basah keringkan, kotor bersihkan, miring luruskan, dan bahaya amankan). Amalan-amalan sederhana tersebut nantinya bisa diamalkan dirumah. Diakhir kegiatan ini kami melakukan MABIT. 

Semakin diberikan pengetahuan dan ilmu baru, ternyata semakin banyak yang saya tidak tahu. ilmu agama islam itu sangatlah luas. belajar selama satu bulan rasanya sangatlah tidak cukup. 
Saya selalu kagum kepada guru-guru yang begitu luas pengetahuan agamanya.

Saya selalu rindu mereka, guru-guru, teman-teman yang baik yang selalu mengajak kepada kebaikan, yang selalu memberikan masukan yang baik bagi sesama temannya. Terutama guru besar saya AaGym, yang setiap kajian yang diberikannya selalu ngena dihati ini. Aaah tak akan pernah bisa dideskripsikan bagaimana nikmatnya pernah hidup dikelilingi oleh mereka, orang-orang sholeh dan sholehah, dikelilingi oleh lingkungan dengan penuh kesederhanaan, kebaikan, ketenangan dan kelembutan, lingkungan yang dipenuhi oleh para penghafal Al-Qur'an, dekat dengan masjid yang selalu ramai dan dengan kedamaian yang melekat disetiap sudutnya. Semoga saya selalu didekatkan dengan orang-orang seperti mereka dan lingkungan yang baik.





You May Also Like

3 komentar

  1. Assalammualaikum kak, saya Inkan. saya juga berniat untuk mengikuti daurah qolbiyah tahun ini insyaAllah. Doakan kak semoga Allah memberikan izinNya :D dan semoga setelah lulus bisa menjadi lebih istiqomah

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Nama saya NADIRA MUHAMMAD dari [PERUSAHAAN PIHAK NADIRA MUHAMMAD]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  3. KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    SUSAN BOWMAN saya dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.

    Anda disarankan untuk melengkapi dan mengembalikan rinciannya di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor ponsel: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelum: ________________

    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    ReplyDelete