how about this??

by - 3:09:00 PM

Hallooooo~ dari mana saya harus memulai pembicaraan atau curhatan ini ya?
Hari ini hari minggu dan libur! Tapi rasanya sejak masuk semester II tak ada hari libur yang benar-benar terasa libur free gitu. Saya gak pernah berfikir dan tak pernah membayangkan akan seperti ini di semester ini. Ada apa di semester II ini??? Yaaaah kembali lagi bahas kurikulum baru perkuliahan yang katanya tahun ini kurikulum itu mulai diterapkan pada angkatan saya. Dari mulai hari senin sampai jumat perkuliahan rata-rata selesai jam 17.00. tapi D3 sih gak heran ya pulang jam segitu. setiap hari ada praktik, dan saya masih belum terbiasa dengan metode belajar Discovery Learning, Student Center Learning, Active Learning, dan Problem Based Learning, apalah itu namanya ribet. Biasanya kan dosen yang ceramah. Tahun sebelumnya pun katanya masih metode ceramah. Nah metode yang tadi saya sebutkan itu macem-macem cara belajarnya. Kebanyakan di bagi kelompok ke dalam 3 kelompok.
Ketika dosen masuk, dosen bukan ceramah, tapi langsung ngebagi kelompok jadi 3 kelompok. Setiap kelompok ini dibagi materi-materi yang harus dicari di internet atapun di perpus dan gak bisa menggunakan sumber blogspot!, terus langsung dipresentasiin pake power point. Biasanya dosen memberikan waktu 1 jam untuk searching materi dan langsung di masukin ke power point, tapi ada juga dosen yang ngasih waktu hanya  25 menit atau 30 menit untuk menyelesaikan semua itu. Bayangkan bayangkan. Perpus langsung diserbu mahasiswi. Setiap orang dapet jatah masing-masing buat nyari materi, ada yang kebagian ngetik di power point dan lain-lain. Ada juga yang kebagian buat presentasiin di depan, yah kalo yang ini sistemnya bergantian.
Begitu lah setiap harinya metode belajar di kelas. Pada saat presentasi selesai ada diskusi. Kadang-kadang kalo dosennya yang “horror” gak ada satupun yang nanya, “jempling” dan “tarungkul”. Hahaha.

Bagaimana mengenai tugas yang kata temen saya, Elliza, “lebih dari cucian mingguan”? tak salah lagi, setiap pembelajaran kelompok-kelompok tadi langsung dibuat laporan dan deadlinenya kebanyakan 3 hari setelah pembelajaran. Karena itulah banyak deadline yang mepet dan sama waktu pengumpulannya. Hampir keteteran! Tidurpun menjadi terganggu, sekalinya bisa tidur karena ketiduran alhasil tetep tidurnya gak efektif. Haha. Dan yang saya sangat err banget itu, waktu lebih banyak digunakan untuk menyelesaikan tugas, sedangkan waktu untuk membaca buku-buku tebel yang penting-penting itu ataupun materi yang dipresentasikanpun menjadi tidak sempat untuk dipelajari kembali. Saya selalu ngerasa janggal apabila tidak mengulang kembali untuk memahami materi kuliah. T.T
Kalo ada yang nanya, “gimana tugasnya udah selesai?” saya jadi bingung jawabnya karena tugas tak pernah selesai untuk terus datang, tak ada satu haripun yang tugas kuliahnya or deadlinenya bener-bener kosong!. Tiap 1 tugas selesai tugas yang lain dating lagi, padahal masih ada tugas sebelumnya yang belom kelar.

Tapi, yaaa, selalu ada hikmah disetiap kejadian karena ini semua adalah kehendak Sang Maha Kuasa. Karena ini akan menjadi satu hadiah di masa mendatang bagi saya dan kawan-kawan saya. Karena ini, saya mungkin akan menjadi diri yang lebih baik dan lebih kuat. Karena ini, Dia percaya saya dan kawan-kawan mampu melewatinya meskipun banyak kaka tingkat merasa kasihan. Karena saya, karena kami, adalah orang-orang pilihanNya yang pasti mampu untuk menjalaninya. :))
Ya begitu lah, cukup dulu sampai disini, nanti saya lanjutkan lagi. Ada deadline mendadak!
;)





You May Also Like

0 komentar