Little but Sure: Disaat begitu banyak waktu luang...

by - 11:53:00 PM



Akan selalu ada alasan mengapa Tuhan memberikan kegagalan-kegagalan dalam fase kehidupanmu saat ini maupun pada masa lalu. Karena hal itu bukan berarti kamu tidak bisa berbuat apapun setelahnya, malahan mungkin kamu bisa melakukan hal yang bermanfaat bagi dirimu maupun bagi orang lain. 

Bagi kamu yang saat ini dilanda kebingungan atas kegagalan-kegagalan yang menimpamu, atas do’a-do’a yang belum terkabul, bersabarlah. Kita hanya bisa berusaha dan berdo’a semaksimal mungkin. Kita haruslah yakin bahwa setelah kegagalan akan ada kemenangan, akan selalu ada jalan dan harapan untuk memulai dan merajut kembali semangat yang mungkin sudah hampir pupus.

Jika kamu sedang memiliki banyak sekali waktu luang karena menunggu sesuatu yang belum pasti hasilnya, sampai kamu tidak tau apa yang harus kamu lakukan, padahal kamu ingin sekali berbuat sesuatu yang bermanfaat, ketahuilah, selalu ada hal yang bisa kita lakukan di waktu yang terlalu luang ini, bahkan sangat disayangkan jika waktu luang yang sangat banyak terbuang begitu saja hanya karena kegalauan memikirkan nasib masa depan, jelas-jelas kita hidup di masa sekarang. ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di waktu luang yang mungkin bisa menginspirasi untuk kamu lakukan saat ini. 

1. Read lots of books

Membaca buku bagi sebagian besar orang, khususnya orang Indonesia, adalah hal yang sangat membosankan. Bahkan bisa jadi obat tidur dikala insomnia melanda. Tetapi, sebenarnya membaca bisa menjadi hal yang menyenangkan dan ketagihan loh jika kita membaca genre buku yang kita sukai. Misalnya novel dengan genre sci-fiction, komedi atau buku-buku tentang kesehatan. Bayangkan jika kita bisa membaca 2-4 buku dalam 1 minggu, berapa banyak ilmu pengetahuan baru yang kita dapatkan dalam 1 bulan, 2 bulan atau 1 tahun? Kita tidak harus membeli buku untuk bisa membaca, kita bisa meminjam buku di perpustakaan daerah yang dekat dengan tempat tinggal kita. 
Selain itu, apakah kamu menuliskan resolusimu di tahun ini untuk membaca banyak buku? Inilah kesempatan dimana kamu bisa melaksanakan misi tersebut!

2. Tilawah/ Recite Al-Quran

Tilawah bisa membuat hati yang sedang gelisah menjadi tenang dan tentram. Kita bisa menargetkan membaca Al-Quran lebih banyak setiap harinya, bahkan bisa dengan membaca dan memahami artinya. Tidak perlu juga terburu-buru dalam membaca Al-Quran agar bisa benar-benar meresapi apa yang dibaca dan mendapatkan ketenangan. Selain tenang, kita juga insyaAllah mendapatkan keberkahan dan pahala dari membaca Al-Quran. Bukankah Allah menjanjikan 10 kebaikan dari setiap huruf Al-Quran yang kita baca?
Jangan melulu soal duniawi yang kita kejar, soal akhiratpun wajib kita kejar. Maka dari itu, tambahkan juga resolusi untuk akhiratmu di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya ya kawan! Tunggu apa lagi, mulailah dari diri sendiri, dari hal yang sederhana, dan mulai dari saat ini. 

3. Do your hobby
Setiap orang pasti memiliki hobi atau sesuatu yang disenangi. Kita bisa melakukan sesuatu yang kita senangi saat memiliki banyak waktu luang. Tentunya hobi yang positif ya, seperti sharing pengalaman di blog, membaca buku motivasi, novel, membuat karya seni, dan lain-lain..

Don't waste your time because life is short.  

---




Image source: pinterest.com


You May Also Like

0 komentar